Sabtu, 20 Juli 2013

Biografi KH. M. Munawir Krapyak Yogyakarta

KH M Munawwir adalah putra KH. Abdullah Rosyad
bin KH. Hasan Bashari. Dahulu, ada seorang
ulama pejuang, KH. Hasan Bashari namanya,
atau yang lebih dikenal dengan nama Kyai
Hasan Besari ajudan Pangeran Diponegoro.
Beliau sangat ingin menghafalkan Kitab Suci al-
Quran namun terasa berat setelah mencobanya
berkali-kali. Akhirnya beliau melakukan
riyadhah dan bermujahadah, hingga suatu saat
Allah Swt. mengilhamkan bahwa apa yang
dicita-citakan itu baru akan dikaruniakan
kepada keturunannya.
Begitu pula anak beliau, KH. Abdullah Rosyad,
selama 9 tahun riyadhah menghafalkan al-
Quran, ketika berada di Tanah Suci Makkah,
beliau mendapat ilham bahwa yang akan
dianugerahi hafal al-Quran adalah anak-
cucunya.
KH. Abdullah Rosyad dikaruniai 11 orang anak
dari 4 orang istri, salah satunya adalah KH. M.
Munawwir yang merupakan buah pernikahan
beliau dengan Nyai Khadijah (Bantul).
Masa Belajar KH. M. Munawwir
Guru pertama beliau adalah Ayah beliau
sendiri. Sebagai targhib (penyemangat) nderes
al-Quran, Sang Ayah memberikan hadiah
sebesar Rp 2,50 jika dalam tempo satu minggu
dapat mengkhatamkannya sekali. Ternyata hal
ini terlaksana dengan baik, bahkan terus
berlangsung sekalipun hadiah tak diberikan
lagi.
KH. M. Munawwir tidak hanya belajar qira’at
(bacaan) dan menghafal al-Quran, tetapi juga
ilmu-ilmu lain yang beliau timba dari para
ulama di masa itu, diantaranya;
• KH. Abdullah (Kanggotan – Bantul)
• KH. Kholil (Bangkalan – Madura)
• KH. Shalih (Darat – Semarang)
• KH. Abdurrahman (Watucongol – Magelang)
Setelah itu, pada tahun 1888 M. beliau
melanjutkan pengajian al-Quran serta
pengembaraan menimba ilmu ke Haramain
(dua Tanah Suci), baik di Makkah al-
Mukarramah maupun di Madinah al-
Munawwarah. Adapun Guru-guru beliau di sana
antara lain;
• Syaikh Abdullah Sanqara
• Syaikh Syarbini
• Syaikh Mukri
• Syaikh Ibrahim Huzaimi
• Syaikh Manshur
• Syaikh Abdus Syakur
• Syaikh Mushthafa
• Syaikh Yusuf Hajar (Guru beliau dalam qira’ah
sab’ah)
Pernah dalam suatu perjalanan dari Makkah ke
Madinah, tepatnya di Rabigh, beliau berjumpa
dengan seorang tua yang tidak beliau kenal.
Pak Tua mengajak berjabat tangan, lantas
beliau minta didoakan agar menjadi seorang
hafidz al-Quran sejati. Lalu Pak Tua menjawab:
“Insyaa-Allah.” Menurut KH. Arwani Amin
(Kudus), orang tua itu adalah Nabiyullah
Khadhir As.
KH. M. Munawwir ahli dalam qira’ah sab’ah (7
bacaan al-Quran). Dan salah satunya adalah
qira’ah Imam ‘Ashim riwayat Imam hafs.
Beliau menekuni al-Quran dengan riyadhah,
yakni sekali khatam dalam 7 hari 7 malam
selama 3 tahun, lalu sekali khatam dalam 3
hari 3 malam selama 3 tahun, lalu sekali
khatam dalam sehari semalam selama 3 tahun,
dan terakhir adalah riyadhah membaca al-
Quran selama 40 hari tanpa henti hingga mulut
beliau berdarah karenanya.
Setelah 21 tahun menimba ilmu di Tanah Suci,
beliau pun kembali ke kediaman beliau di
Kauman, Yogyakarta, pada tahun 1909 M.
Akhlaq KH. M. Munawwir
KH. M. Munawwir selalu memilih awal waktu
untuk menunaikan shalat, lengkap dengan
shalat sunnah Rawatibnya. Shalat Witir beliau
tunaikan 11 raka’at dengan hafalan al-Quran
sebagai bacaannya. Begitu juga dalam
mudawamah beliau terhadap shalat Isyroq
(setelah terbit matahari), shalat Dhuha dan
shalat Tahajjud.
Beliau mewiridkan al-Quran tiap ba’da Ashar
dan ba’da Shubuh. Walau sudah hafal,
seringkali beliau tetap menggunakan Mushaf.
Bahkan kemanapun beliau bepergian, baik
berjalan kaki maupun berkendara, wirid al-
Quran tetap terjaga. Beliau mengkhatamkan al-
Quran sekali tiap satu minggu, yakni pada hari
Kamis sore. Demikianlah beliau mewiridkan al-
Quran semenjak berusia 15 tahun.
Waktu siang beliau lewatkan dengan
mengajarkan al-Quran, dan di waktu senggang
beliau masuk ke dalam kamar khusus (dahulu
terletak di sebelah utara Masjid) untuk
bertawajjuh kepada Allah Swt. Sedangkan di
malam hari beliau istirahat secara bergilir di
antara istri-istri dengan demikian adilnya.
Beliau memiliki 5 orang istri, adapun istri
kelima, dinikahi setelah wafatnya istri pertama,
yakni;
1. Nyai R.A. Mursyidah (Kraton Yogyakarta)
2. Nyai Hj. Sukis (Wates Yogyakarta)
3. Nyai Salimah (Wonokromo Yogyakarta)
4. Nyai Rumiyah (Jombang – Jawa Timur)
5. Nyai Khadijah (Kanggotan – Yogyakarta)
Begitulah KH. M. Munawwir hidup beserta
keluarga di tengah ketenangan, kerukunan,
istiqamah dan wibawa, dengan berkah al-Quran
al-Karim.
Orang hafal al-Quran (Hafidz) yang beliau akui
adalah orang yang bertakwa kepada Allah, dan
shalat Tarawih dengan hafalan al-Quran sebagai
bacaannya.
Begitu besar pengagungan beliau terhadap al-
Quran, sampai-sampai undangan Haflah
Khatmil Quran hanya beliau sampaikan kepada
mereka yang jika memegang Mushaf al-Quran
selalu dalam keadaan suci dari hadats.
Pernah terjadi seorang santri asal Kotagede
dengan sengaja memegang Mushaf al-Quran
dalam keadaan hadats. Setelah diusut oleh KH.
M. Munawwir, akhirnya santri tersebut
mengakuinya. Atas pengakuannya, si santri
dita’zir, kemudian dikeluarkan dari Pesantren
dalam keadaan sudah menghafalkan al-Quran
23,5 juz.
Setiap setengah bulan sekali beliau memotong
rambut. Juga tak pernah diketahui membuka
tutup kepala, selalu tertutup, baik itu dengan
kopyah atau sorban maupun keduanya.
Menggunting kuku selalu beliau lakukan tiap
hari Jum’at.
Pakaian beliau sederhana namun sempurna
untuk melakukan ibadah, rapi dan bersetrika.
Jubah, sarung, sorban, kopyah dan tasbih
selalu tersedia. Pakaian dinas Kraton
Yogyakarta selalu beliau kenakan ketika
menghadiri acara-acara resmi Kraton. Untuk
bepergian, beliau sering mengenakan baju jas
hitam, sorban, dan sarung.
Beliau tidak suka makan sampai kenyang,
terlebih lagi di bulan Ramadhan, yakni cukup
dengan satu cawan nasi ketan untuk sekali
makan. Jika ada pemberian bantuan dari orang,
beliau pergunakan sesuai dengan tujuan
pemberinya. Jika ada kelebihan, maka akan
dikembalikan lagi kepada pemberinya.
Walau beliau termasuk dalam Abdi Dalem
(anggota dalam) Kraton, namun beliau tidak
suka mendengarkan pementasan Gong Barzanji.
Sebagai hiburan, beliau senang sekali
mendengarkan lantunan shalawat-shalawat,
Burdah dan tentunya Tilawatil Quran.
Para santri beliau perintahkan untuk berziarah
di Pemakaman Dongkelan tiap Kamis sore. Tiap
berziarah, beliau membaca surat Yasin dan
Tahlil. Apabila terjadi suatu peristiwa yang
menyangkut ummat pada umumnya, beliau
mengumpulkan semua santri untuk bersama-
sama tawajjuh dan memanjatkan do’a kehadirat
Allah, biasanya dengan membaca shalawat
Nariyyah 4.444 kali atau surat Yasin 41 kali.
Selain mengasuh santri, beliau tak lantas
meninggalkan tugas sebagai kepala rumah
tangga. Tiap ba’da Shubuh, beliau mengajar al-
Quran kepada segenap keluarga dan pembantu
rumah tangga. Nafkah dari beliau, baik untuk
istri-istri maupun anak-anak, selalu cukup
menurut kebutuhan masing-masing. Suasana
keluarga senantiasa tenang, tenteram, rukun,
dan tidak sembarang orang keluar-masuk
rumah selain atas ijin dan perkenan dari
beliau.
Hampir-hampir beliau tak pernah marah
kepada santrinya, selain dalam hal yang
mengharuskannya. Pernah suatu waktu beliau
tiduran di muka kamar santri, tiba-tiba bantal
yang beliau pakai diambil secara tiba-tiba oleh
seorang santri, sampai terdengar suara kepala
beliau mengenai lantai. Lantas beliau
memanggil santri yang mengambil bantal tadi
seraya berkata: “Nak… saya pinjam bantalmu,
karena bantal yang saya pakai baru saja
diambil oleh seorang santri.”
Seringkali beliau memberikan sangu kepada
santri yang mohon ijin pulang ke kampung
halamannya, dan sangat memperhatikan
kehidupan santri-santrinya. Para santri pun
dianjurkan untuk bertamasya ke luar
pesantren, biasanya sekali tiap setengah bulan,
sebagai pelepas penat.
Sebagai layaknya seorang ulama, KH. M.
Munawwir juga akrab dan sering mendapat
kunjungan dari para ulama lain, diantaranya;
1) Murid-murid Syaikh Yusuf Hajar dari
Madinah
2) KH. Sa’id (Gedongan – Cirebon)
3) KH. Hasyim Asy’ari (Jombang)
4) KH. R. Asnawi (Kudus)
5) KH. Manshur (Popongan)
6) KH. Siroj (Payaman – Magelang)
7) KH. Dalhar (Watucongol – Magelang)
8) KH. Ma’shum (Lasem)
9) KH. R. Adnan (Solo)
10) KH. Dimyati (Tremas – Pacitan)
11) KH. Idris (Jamsaren – Solo)
12) KH. Abbas (Buntet – Cirebon)
13) KH. Siroj (Gedongan – Cirebon)
14) KH. Harun (Kempek – Cirebon)
15) KH. Muhammad (Tegalgubuk – Cirebon)
16) Para Kyai dari Jombang dan Pare
17) Sri Sultan Hamengku Buwono VIII dan IX
18) B.R.T. Suronegoro
19) KH. Asy’ari (Wonosobo) yang merupakan
teman semasa belajar di Tanah Suci.
Selain dikunjungi, beliau juga kerapkali
mengadakan kunjungan balasan terhadap para
ulama yang lain, seperti kepada KH. Hasyim
Asy’ari (Jombang), KH. Ahmad Dahlan
(Yogyakarta), maupun yang lainnya.
Beliau juga mendapat kepercayaan dari pihak
Kraton untuk menjadi anggota JEMANGAH,
yakni jama’ah shalat tetap yang terdiri dari 41
orang ulama, dimaksudkan sebagai penolak
bencana Negara.
Dakwah KH. M. Munawwir
Sepulang dari Makkah pada tahun 1909 M,
beliau lantas mendakwahkan al-Quran di
sekitar kediaman beliau di Kauman. Tepatnya di
sebuah langgar kecil milik beliau, tempat
tersebut sekarang sudah menjadi Gedung
Nasyiatul ‘Aisyiyyah Yogyakarta.
Lantas pindah ke Gading, tinggal bersama
kakak beliau, KH. Mudzakkir. Namun karena
berbagai sebab, juga atas saran dari KH. Sa’id
(Pengasuh Pesantren Gedongan, Cirebon), pada
tahun 1910 M beliau pun hijrah ke Krapyak
setelah selesainya pembangunan tempat tinggal
dan komplek pesantren di sana, di tanah milik
Bapak Jopanggung yang kemudian dibeli
dengan uang amal dari Haji Ali.
Pada 15 November 1910, Pesantren Krapyak
mulai ditempati untuk mengajar al-Quran.
Dilanjutkan dengan pembangunan Masjid atas
prakarsa KH. Abdul Jalil.
Konon, KH. Abdul Jalil dalam memilih tempat
untuk pembangunan masjid, adalah dengan
menggariskan tongkatnya di atas tanah
sehingga membentuk batas-batas wilayah yang
akan dibangun masjid. Dengan kehendak Allah,
wilayah yang dilingkupi garis itu tidak
ditumbuhi rumput.
KH. M. Munawwir selalu mengerahkan segenap
santri untuk melakukan amaliyah membaca
surat Yasin tiap selesai pembangunan
berlangsung. Pembangunan terus berlanjut
secara bertahap, mulai dari masjid, akses jalan,
dan gedung komplek santri hingga tahun 1930
M.
Di Pesantren Krapyak inilah beliau memulai
berkonsentrasi dalam pengajaran al-Quran.
Para santri sangat menghormati beliau, bukan
karena takut, melainkan karena haibah, wibawa
beliau.
Pengajian pokok yang diasuh langsung oleh KH.
M. Munawwir adalah Kitab Suci al-Quran, yakni
terbagi atas 2 bagian; BIN-NADZOR (membaca)
dan BIL-GHOIB (menghafal). Santri bermula
dari surat al-Fatihah, lantas Lafadz Tahiyyat
sampai dengan shalawat Aali Sayyidina
Muhammad, kemudian surat an-Nas sampai
surat an-Naba’, baru kemudian surat al-Fatihah
diteruskan ke surat al-Baqarah sampai khatam
surat an-Nas.
Selain itu, pengajian kitab-kitab juga digelar
sebagai penyempurna. Suatu hari pada tahun
1910, seorang santri dari Purworejo, yang
dianggap mampu oleh beliau diperintahkan:
“Ajarkanlah ilmu fiqh kepada santri-santri di
hari Jum’at, biarlah mereka mengenal air.”
Begitu seterusnya berkembang, baik kitab fiqh
maupun tafsir, makin menonjol disamping
pengajian al-Quran yang utama. Beliau
mengajar secara sistem MUSYAFAHAH, yakni
sorogan, tiap santri langsung membaca di
hadapan beliau. jika ada kesalahan beliau
langsung membetulkannya.
Adab (Tata Krama) dalam pengajian al-Quran
sangat beliau tekankan kepada para santri.
Berbagai aturan dan ta’ziran beliau berlakukan
terhadap para santri. Untuk santri yang telah
khatam, maka dipanjatkanlah doa untuknya
langsung oleh KH. M. Munawwir, lantas
diberikanlah baginya sebuah Ijazah, yang
intinya berisi pengakuan ilmu dari guru kepada
muridnya serta Tarattubur-Ruwat (Urutan
Riwayat) atau Sanad dari Sang Guru sampai
kepada Rasulullah Saw. secara lengkap.
Banyak diantara murid-murid beliau yang juga
meneruskan perjuangan di kampung masing-
masing, berupa mendakwahkan Islam pada
umumnya, dan pengajaran al-Quran pada
khususnya. Misal;
1. KH. Arwani Amin (Kudus)
2. KH. Badawi (Kaliwungu – Semarang)
3. Kyai Zuhdi (Nganjuk – Kertosono)
4. KH. Umar (Pesantren Al-Muayyad,
Mangkuyudan – Solo)
5. Kyai Umar (Kempek – Cirebon)
6. KH. Noor (Tegalarum – Kertosono)
7. KH. Muntaha (Pesantren Al-Asy’ariyyah,
Kalibeber – Wonosobo)
8. KH. Murtadha (Buntet – Cirebon)
9. Kyai Ma’shum (Gedongan – Cirebon)
10. KH. Abu Amar (Kroya)
11. KH. Suhaimi (Pesantren Tamrinus Shibyan,
Benda – Bumiayu)
12. Kyai Syathibi (Kyangkong – Kutoarjo)
13. KH. Anshor (Pepedan – Bumiayu)
14. KH. Hasbullah (Wonokromo – Yogyakarta)
15. Kyai Muhyiddin (Jejeran – Yogyakarta)
16. Haji Mahfudz (Purworejo)
Untuk para Mutakharrijiin (Alumni), beliau
senantiasa menjalin hubungan dan bimbingan,
bahkan berupa kunjungan ke tempat masing-
masing
Maqalah KH. M. Munawwir
1) Sebuah hadits riwayat Abi Hurairah Ra.
bahwa Nabi Muhammad Saw. Bersabda: “Wahai
Abu Hurairah, pelajarilah al-Quran dan
ajarkanlah kepada orang lain. Tetaplah engkau
seperti itu hingga mati. Sesungguhnya jikalau
kamu mati dalam keadaan seperti itu, malaikat
berhaji ke kuburmu sebagaimana kaum
mukminin berhaji ke Baitullah al-Haram.”
2) Sebuah sya’ir: “Semua ilmu termuat di
dalam al-Quran – Hanya saja orang-orang tak
mampu memahami seluruh kandungannya.”
3) “Jikalau engkau bermaksud akan sesuatu,
maka bacalah surat Yasin.”
4) “Kalau mengaji al-Quran, maka kajilah
sampai khatam, supaya menjadi orang mulia.”
5) “Waktu luang yang tidak digunakan untuk
nderes al-Quran adalah kerugian yang besar.
6) “Setelah seseorang hafal al-Quran, maka
haruslah ia Tidak suka omong kosong dan tidak
menghabiskan waktunya hanya untuk bekerja
mencari dunia.”
7) “Wahai putera dan menantuku yang
mempunyai tanggungan al-Quran, apabila
kalian belum lancar benar maka jangan sampai
merangkap apapun baik berdagang ataupun
lainnya.”
8) “Orang hafal al-Quran berkewajiban
memeliharanya, maka dari itu jangan
melakukan hal-hal -termasuk menuntut ilmu-
yang tidak fardhu, sekiranya dapat
menyebabkan hafalannya hilang.”
9) “Kalau kamu tidak mengaji qira’at sab’ah
kepadaku, maka mengajilah kepada Arwani
Amin Kudus.”
10) “Buah al-Quran adalah kebahagiaan dunia
dan akhirat.”
11) Beliau berkata kepada KH. Basyir: “Marilah
uzlah seperti saya, guna mengajarkan al-Quran.
Kalau kita memikirkan harta dunia, maka akan
binasalah al-Quran nanti.”
12) Beliau berkata kepada putri beliau, Nyai
Hindun: “Orang hafal al-Quran, mengamalkan
isi kitab Majmu’ dan Mudzakarat, insya-Allah
menjadi orang shalihah.”
13) Beliau tidak mengijinkan santri-santrinya
menjadi Pegawai Negeri Pemerintah Penjajah
pada waktu itu.
14) Beliau menyampaikan apa yang pernah
diterima dari guru beliau, KH. Cholil
Bangkalan: “Apabila hidayah tiba, permusuhan
pun musnah. Jadilah engkau bagaikan Air,
dibutuhkan oleh siapa dan apa saja. Jika tidak
begitu, maka jadilah seperti Batu, tidak ada
bahaya maupun manfaat (secara aktif –red).
Janganlah engkau laksana Kalajengking, siapa
melihat maka ia pun takut.”
15) “Seyogyanya engkau hadiahkan berkah
surat al-Fatihah kepada segenap kaum
muslimin yang masih hidup, lebih-lebih
diwaktu tertimpa marabahaya atau berperangai
buruk, barangkali dapat menjadi obatnya.
Sebagaimana guru saya KH. Cholil pernah
mengajarkan (di nomor 16).”
16) Beliau menyampaikan apa yang
disampaikan guru beliau, KH. Cholil: “Teman-
teman sekalian, jikalau engkau menghadiahkan
berkah surat al-Fatihah jangan hanya kepada
muslimin yang sudah meninggal saja, tetapi
juga yang masih hidup, syukurlah jika kepadaku
juga. Sebab Nabi Muhammad Saw. pernah
bersabda: ‘UDDA NAFSAKA MIN AHLIL QUBUUR
(anggaplah dirimu termasuk ahli Qubur).”
17) “Apabila engkau memohon kepada Allah,
maka mohonlah Kesejahteraan (‘Aafiyah).”
18) “Kelak di akhir jaman, Shin akan menguasai
seluruh daerah.”
19) Sebuah sya’ir: “Aku tak bisa mendapatkan
kembali apa yang telah meninggalkan diriku,
baik dengan LAHFA (kalau), dengan LAITA
(seandainya), ataupun dengan LAU-INNI
(andaikan saya).”
20) “Selama saya masih hidup, puteraku yang
lelaki selalu saya suruh memakai kopyah.
Sedangkan yang perempuan segera saya carikan
jodoh, tak usah menunggu orang lain yang
datang melamarnya.”
Wafat dan Penerus KH. M. Munawwir
Sebagaimana manusia pada umumnya, KH. M.
Munawwir menderita sakit selama 16 hari.
Pada mulanya terasa ringan, namun lama-
kelamaan semakin parah. Tiga hari terakhir
saat beliau sakit, beliau tidak tidur.
Selama sakit, selalu berkumandanglah bacaan
surat Yasin 41 kali yang dilantunkan oleh
rombongan-rombongan secara bergantian. Satu
rombongan selesai membaca, maka rombongan
lain menyusulnya, demikian tak ada putusnya.
Akhirnya, beliau KH. M. Munawwir wafat ba’da
Jum’at tanggal 11 Jumadil Akhir tahun 1942 M
di kediaman beliau di komplek Pondok
Pesantren Krapyak Yogyakarta. Dikala beliau
menghembuskan nafas terakhir, ditunggui oleh
seorang putri beliau, Nyai Jamalah, yakni ketika
rombongan pembaca surat Yasin belum hadir.
Shalat Jenazah dilaksanakan bergiliran lantaran
banyaknya orang yang bertakziyyah. Imam
shalat Jenazah kala itu adalah KH. Manshur
(Popongan – Solo), KH. R. Asnawi (Bendan –
Kudus), dan besan beliau KH. Ma’shum (Suditan
– Lasem).
Beliau tidak dimakamkan di kompleks
Pesantren Krapyak, melainkan di Pemakaman
Dongkelan, yakni sekitar 2 km dari kompleks
Pesantren. Dan sepanjang jalan itulah, terlihat
kaum muslimin dari berbagai golongan penuh
sesak mengiring dan bermaksud mengangkat
jenazah beliau, sampai-sampai keranda jenazah
beliau cukup ‘dioperkan’ dari tangan ke tangan
yang lain, sampai di Pemakaman Dongkelan.
Jenazah KH. M. Munawwir dikebumikan di
sana, dan selama lebih dari seminggu pusara
beliau selalu penuh dengan penziarah dari
berbagai daerah untuk membaca al-Quran.
Beliau wafat meninggalkan Pesantren yang
merupakan tonggak pemisah suasana. Suasana
sebelum dibangun pesantren, Krapyak dikenal
sebagai tempat rawan, penuh kegelapan,
abangan dan sedikit yang menjalankan ajaran
Islam. Bersamaan dengan didirikannya
Pesantren, banyak pula usaha busuk dari
golongan-golongan Klenik yang dengki dan
selalu merintangi perintisan Pesantren.
Namun upaya-upaya itu musnah, dan suasana
gelap beralih menjadi ramai dan meriah dengan
alunan Ayat-ayat Suci al-Quran dengan segala
konsekuensinya.
Almarhum KH. M. Munawwir berwasiyat, agar
keluarga melanjutkan perjuangan Pesantren,
tepatnya kepada 2 orang putra dan 4 orang
menantu. Akan tetapi karena beberapa udzur,
perjuangan Pesantren dikawal secara langsung
oleh 3 tokoh yang dikenal sebagai Tiga
Serangkai yakni;
1) KH. R. Abdullah Affandi (putra beliau dari
Nyai R.A. Mursyidah asal Kraton Yogyakarta).
Disamping menangani pengajian al-Quran,
beliau juga mengurusi hubungan Pesantren
dengan dunia luar. Beliau wafat pada 1 Januari
1968.
2) KH. R. Abdul Qadir (putra beliau dari Nyai
R.A. Mursyidah asal Kraton Yogyakarta). Pada
tahun 1953, para santri penghafal al-Quran
dikelompokkan menjadi satu dalam sebuah
wadah, yakni Madrasatul Huffadz yang
disponsori oleh KH. R. Abdul Qadir, dibantu
KH. Mufid Mas’ud (menantu KH. M. Munawwir)
, Kyai Nawawi (menantu KH. M. Munawwir) dan
Hasyim Yusuf dari Nganjuk. Ada 2 sistem yang
ditempuh di Madrasatul Huffadz. Pertama,
adalah Sistem Perseorangan, yakni Kyai
menurut kepada santri untuk menghafalkan
suatu ayat, surat maupun juz. Kedua, adalah
Sistem Jama’ah Mudarasah, yakni seorang
santri disuruh menghafal suatu ayat, surat atau
juz, kemudian membacanya lantas berhenti dan
dilanjutkan oleh santri yang lain, demikian
sampai khatam 30 juz. Untuk mentashhih
kembali hafalan santri-santri yang sudah
khatam, maka diharuskan melakukan ‘Ardhah
secara Musyafahah sampai tiga kali khatam.
Untuk menguji kelancaran hafalan, adalah
dengan dibacanya suatu ayat oleh Kyai dan
santri disuruh melanjutkannya. Begitu pula
ditanyakan kepada santri tentang letak ayat
tersebut dalam surat apa, halaman berapa,
bagian mana, lembar kiri atau kanan, ayat
nomor berapa, sampai surat baru masih
berapa ayat lagi. Seperti itulah seluk beluk
menghafalkan al-Quran di Madrasatul Huffadz
saat itu. Setelah hafal seluruh al-Quran, maka
selama 41 hari dilanjutkan Mudarasah (nderes)
dengan mengkhatamkan 41 kali juga. KH. R.
Abdul Qadir wafat pada 2 Februari 1961.
3) KH. ‘Ali Ma’shum (menantu beliau asal
Lasem, suami dari Nyai Hj. Hasyimah). Beliau
sudah turut mengasuh Pesantren sejak 1943.
Beliau adalah perintis dan pengasuh pengajian
kitab-kitab selepas KH. M. Munawwir wafat,
yakni sejak kepulangan beliau dari Tanah Suci
dalam rangka menimba ilmu. Dalam
penyelenggarannya, beliau menerapkan
beberapa sistem, yakni Sistem Madrasi (Klasik)
dan Sistem Kuliyah, yang masing-masing
dilengkapi dengan Pengajian Sorogan
(individual). Adapun Pengajian Sorogan ini,
beliau berlakukan dengan model Semi-
Otodidak, yakni dengan ditentukannya suatu
kitab oleh KH. ‘Ali Ma’shum untuk dikaji
seorang santri. Tiap sore hari, santri tersebut
harus menghadap beliau untuk membaca kitab.
Dalam hal ini, santri harus berusaha
mempelajarinya sendiri, baik dalam cara
membaca maupun menela’ah maknanya, baik
dengan bertanya maupun berdiskusi dengan
rekan dan kitab yang sudah ada maknanya.
Sedangkan KH. ‘Ali Ma’shum cukup menyimak
bacaan santri sambil mengajukan beberapa
pertanyaan, dan membenarkan jika ada
kesalahan membaca maupun memahami isinya.
Dengan sistem ini, beliau maupun santri telah
banyak menghemat waktu serta membuahkan
hasil yang memuaskan lagi cermat. KH. ‘Ali
Ma’shum wafat pada 1989.
Demikianlah estafet kepemimpinan Pesantren
terus bergulir, semakin berkembang seiring
bertambahnya usia, baik dalam metode
maupun corak Pesantren, namun tak lepas dari
sentuhan khas salafiyahnya. Dan tentunya,
tetap berkonsentrasi pada misi awal yang
dirintis Sang Muassis (Pendiri), yakni
membumikan al-Quran, memasyarakatkan al-
Quran dan meng-al-Quran-kan masyarakat.
Biografi ini disadur dari Buku yang berjudul
“MANAQIBUS SYAIKH: K.H.M. MOENAUWIR
ALMARHUM: PENDIRI PESANTREN KRAPYAK
YOGYAKARTA” yang diterbitkan oleh MAJLIS
AHLEIN (Keluarga Besar Bani Munawwir)
Pesantren Krapyak, keluaran tahun 1975.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar